Selasa, 30 November 2010

Keadilan masih Digantungkan , Teknologi Bertindak !

HAM ( Hak Asasi Manusia) merupakan suatu kebebasan yang dimiliki dan diberikan kepada setiap manusia di muka bumi ini . Hak Asasi Manusia bukanlah kebebasan yang diberikan oleh pemerintah melainkan hak yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada tiap makhluknya sejak ia lahir di muka bumi selama hidupnya. Kebebasan yang dianugrahkan kepada setiap manusia ini digunakan untuk melindungi dirinya dari sikap sewenang wenang orang lain. Adapun hak yang dimaksud adalah hak untuk hidup, hak untuk memeluk agama, hak untuk mengikuti pendidikan, hak untuk berkeluarga, hak untuk berpendapat, dan lain sebagainya .

Namun, dengan berkembangnya jaman, tak jarang kita lihat bahwa HAM sudah tidak lagi dijunjung tinggi. Penyalahgunaan HAM sudah menjadi hal yang wajar di beberapa kalangan masyarakat , bahkan untuk membela hak yang dimiliki pun serasa tidak diberi ruang. Yang lebih tragis lagi adalah bahwa pemerintah menunda penyelesaian penuntasan kasus HAM yang bahkan sudah hampir di telan waktu. Seperti kasus Trisakti yang menewaskan 4 mahasiswa, atau pun kasus penyerangan UNAS di tahun 2008 yang ternyata sampai sekarang pun masih digantungakan tanpa keadilan apapun.

Beberapa bisa dilihat di tayangan televisi yang perannya sebagai sarana informasi yang paling sering menghadirkan beberapa kasus yang berkaitan dengan HAM . Bahkan ada pula acara-acara yang memang khusus di tayangkan untuk memperbaiki penyalahgunaan HAM.

Sekarang ini , yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana kita bisa terus menjunjung Hak Asasi Manusia pada tingkat yang paling tinggi di masyarakat dimana tidak akan terjadi penyalahgunaan dan penyelewengan yang semena-mena terhadap kebebesan yang seharusnya menjadi pegangan dan satu-satunya kebebesan yang diberikan kepada setiap insan di muka bumi. Membiarkan menggantungkan keadilan yang ditunggu oleh banyak orang akan semakin menumpuk ketidakadilan yang akan dilakukan di waktu yang akan datang.

Oleh karena itu, penggunaan sistem informasi pun menjadi alat yang cukup penting untuk membahas betapa banyak ketidakadilan yang diberikan pemerintah terhadap Hak Asasi Banyak Orang. Lewat Teknologi Internet yang kita tahu kalangan mana pun dapat membaca, memberi komentar, bahkan ikut mendukung akan menjadi wadah yang tepat untuk orang-orang yang mengharapkan keadilan dari jauh. Dan semakin berkembangnya zaman, beberapa lembaga yang mengatur Hak Asasi Manusia pun mulai banyak terlihat dengan website-website mereka sendiri. Diharapkan, dengan adanya kemampuan teknologi , dapat membantu penuntasan pelanggaran HAM yang semakin tidak menentu arahnya, dan diharapkan dapat mengarahkan pemerintah untuk segera menyelesaikan kasus-kasus yang berkaitan dengan HAM yang sampai sekarang masih belum selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

just give me your best comment :)