Apa yang teknologi Lakukan untuk Memperjuangkan HAM ?

Ada sekiranya banyak pihak yang perlu mengetahui adanya ketidakadilan di beberapa tempat untuk beberapa orang. Dan perlu adanya kesadaran beberapa orang untuk sekiranya dapat menolong untuk menegakkan kebenaran yang ada.

Jadi , bagaimana cara teknologi berbicara mengenai hal tersebut ? Pertama , kita harus menyadarkan betapa bergunanya teknologi untuk menyampaikan suatu kebenaran. Kita ambil saja yang paling mudah , yaitu Internet. Pernah disinggung pada artikel sebelumnya , bahwa Internet memiliki peran yang cukup besar untuk menyebarluaskan sesuatu ke kalangan masyarakat yang mayoritas sudah menggunakan komputer. Dan disini , kita pun dapat menggunakan teknologi internet untuk melakukan sebuah pembelaaan terhadap ketidakadilan yang seharusnya mendapat pembelaan dari banyak kalangan.



Hal-hal yang bisa dilakukan dalam menerapkan penggunaan Teknologi Internet untuk melindungi Hak Manusia adalah :

  1. Bisa di buat sebuah situs yang khusus digunakan untuk membahas setiap kasus pelanggaran HAM yang ada atau yang sedang terjadi .
  2. Atau membuat situs mengenai HAM yang isinya sekedar mengingatkan pemerintah untuk menyelesaikan kasus-kasus terkait dengan HAM yang ternyata masih belum selesai.
  3. Di situs tersebut , kita bisa memberi komentar, kritik, dan saran untuk membantu. Misalkan saja , kita memberi komentar bagaimana baiknya atau bagaimana cara kita menolong orang-oran g yang tidak hak asasi mereka terpaksa diselewengkan. Kita bisa memberi kritik kepada sikap pemerintah yang dirasa kurang adil (bukan berarti setelah kita memberi kritik kita harus berhadapan dengan hukum seperti kasus prita) kepada teman-teman yang keadilan hak yang mereka miliki masih belum jelas arahnya.
  4. Bisa juga dibuat forum-forum yang khusus membicarakan tentang ketidakpuasan kita terhadap sikap beberapa aparat yang salah mempergunakan Kebebasan tiap warganya atau lebih umumnya forum ini memang dibuat untuk membela keberadaan HAM yang seharusnya dijunjung tinggi-tinggi bukannya diletakkan pada posisi yang rendah dalam kehidupan di Negara kita.
Jika kita menggunakan Internet sendiri sebagai salah satu bentuk perwujudan dari pengaplikasian perlindungan HAM ini sendiri, mungkin akan lebih tertuju pada pembuatan web,situs, atau sekadar sebuah blog yang nantinya akan dapat menampung aspirasi banyak orang tanpa perlu terpaku pada ruang dan waktu. Sehingga, semakin banyak website yang berkembang di dunia maya dan berbicara banyak mengenai perlindungan HAM, maka semakin banyak orang tahu bahwa Hak Asasi Manusia itu perlu sekali kita junjung tinggi-tinggi.

Komentar

Popular Posts

Back to PPAK ISI (Kelompok 13)

HARI INI #3 Janji

HARI INI #2 Macet