Apakah tanpa Uang bisa mendapatkan Kebebasan dan Keadilan Sesungguhnya ?

Dimanakah keadilan berada ? Pertanyaan yang tepat jika kita melihat apa yang sedang terjadi akhir-akhir ini di Negara kita. Di balik sibuknya Pemerintah dan masyarakat mengurus polemik Keistimewaan Yogyakarta, ataupun di samping urusan mengatasi bencana alam yang ternyata sampai sekarang masih terus berlangsung, kita masih saja dilalaikan oleh masalah-masalah lain yang berkaitan masih dengan kebebasan yang dimiliki manusia.

Masih banyak yang butuh keadilan mengenai Hak Asasi yang dimiliki warga Negara kita, tetapi keberadaannya disingkirkan oleh keberadaan politik yang mengakibatkan demo dimana-mana. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang masih merasa dirinya belum mendapat keadilan ?



Pertanyaannya adalah , pantaskah mereka mendapatkan keadilan itu ? tentu saja pantas. Mereka bukanlah orang-orang  yang menghancurkan keberadaan Negara kita , tetapi mereka adalah orang-orang yang berharap adanya keadilan. Kesalahan yang terjadi di tangan orang lain, membuat mereka dikambing hitamkan tanpa bisa berbuat apapun. Pihak-pihak yang mungkin seharusnya berada disisi orang-orang yang tidak bersalah ini justru tidak melakukan apapun , sedangkan pembelaan mereka terhadap diri mereka sendiri masih kalah dengan  keberadaan sebuah uang. Ya ! Uang . Jaman sekarang ini masih bisakah orang membela dirinya dengan hanya dengan ucapan ? Padahal kita tahu bahwa mengutarakan pendapat merupakan hak yang dimiliki setiap orang. Tapi banyak di antara orang-orang yang sayangnya tidak diberikan kelebihan modal mendapat suatu ketidakadilan dari pihak-pihak yang seharusnya melindungi hak manusia.

Uang memang dijadikan segalanya sekarang ini. Apapun bisa berakhir dan bisa dimulai dengan uang . Lalu , jika semua-nya selalu terkait dengan uang , dimana kebebasan orang-orang yang pada dasarnya tidak pernah bersalah atas segala tuduhan yang diberikan kepada mereka ? Apa gunanya adanya Hak Asasi Manusia kalau mereka sendiri bahkan tidak dapat mempergunakannya untuk melindungi diri mereka sendiri ?
Hal seperti ini yang mungkin perlu sekali untuk di perhatikan ke depannya . Dimana kita harus melihat adanya keadilan , adanya hak yang bisa dimiliki setiap orang, dan mereka pun sudah sepatutnya meminta perlindungan kepada pihak-pihak yang seharusnya memang bisa melindungi hak mereka..

Komentar

Popular Posts

Back to PPAK ISI (Kelompok 13)

HARI INI #3 Janji

HARI INI #2 Macet