Sabtu, 04 Desember 2010

Web Forum menjadi wadah yang tepat untuk Memperjuangkan HAM !

Saya pernah bahas sekilas mengenai forum sebagai tempat memperjuangkan HAM ? Dan disini saya akan menyampaikan artikel mengenai kedudukan forum untuk memperjuangkan HAM.

Forum adalah sebuah tempat atau fasilitas di internet dimana kita dapat menyampaikan pendapat, komentar, kritik, dan saran terhadap suatu topik tertentu. Dan yang perlu diketahui adalah bahwa keberadaan forum sangat erat kaitannya dengan diskusi, asalkan tidak terdapat ucapan-ucapan yang tak sepantasnya disana. Dalam forum biasanya kita diharuskan untuk mendaftarkan diri sebelum menuliskan sebuat thread baru. Dan setelah itu , baru lah kita bisa melakukan posting untuk menuliskan topik di dalamnya. Setiap orang yang terdaftar di dalamnya , nantinya dapat melakukan respon balik terhadap artikel-artikel yang terkait , dan disinilah maksud dari diskusi tersebut. Berbeda dari situs dan blog dimana respon yang diharapkan hanya bergantung pada pengunjung yang kebetulan datang. Sedangkan forum , hanya ada satu forum tetapi dapat di huni oleh banyak sekali orang. Penggunaannya hampir sama seperti jejaring sosial, tapi tentu saja penggunaannya sangatlah berbeda karena kita berdiri di forum bukanlah untuk mencari kawan tetapi untuk membicarakan suatu masalah.

Sehingga, kita bisa melihat pula seberapa banyak orang-orang yang tertarik pada topik yang kita temakan pada pembuatan forum.
Lalu apa hubungannya dengan perjuangan HAM ? Tentu saja ada. Pembuatan forum mungkin memang sudah mulai ada di rentetan daftar forum dunia maya. Tapi terkadang, web forum itu tidak hanya mengambil satu topik, tetapi banyak topik yang nantinya akan di respon setiap orang? Susah sekali mengidentifikasi orang-orang yang mana yang benar-benar tertarik memperjuangkan HAM atau mereka hanya sekedar ikutan nimbrung saja?

Nah, kalau misalkan kita membuat sebuah forum mengenai HAM ? Pasti akan banyak keuntungan yang di dapat . Mulai dari mudahnya kita mengidentifikasi orang-orang yang memang peduli pada kebebasan manusia, apakah banyak yang peduli atau tidak ? Kemudian, yang kedua disini kita bisa menuliskan satu thread berkaitan dengan kasus HAM atau protes kita mengenai kemajuan perjuangan HAM dan darisana kita bisa lihat adakah orang-orang yang mau membela kita dan berada pada garis yang sama dengan kita ? Kita bisa melihat respon banyak orang terhadap thread yang kita buat. Apakah thread tersebut mengandung isi yang baik untuk dibela, atau tidak.
Melakukan diskusi seperti itu mungkin di anggap membosankan, tetapi bagi orang-orang yang benar-benar peduli terhadap perlindungan dan perjuangan HAM pasti bisa menjadikan forum HAM ini menjadi tempat yang layak untuk menyampaikan aspirasi seluruh warga terhadap keadaan Hak Asasi Manusia di sekitar kita. Apa kesan menyenangkan di dalamnya ?

Pertama , kita bisa bertemu dengan orang-orang yang sehati dan sependapat dengan kita bahwa adanya perjuangan untuk melindungi HAM.
Kedua, kita bisa saling merespon postingan tiap orang terhadap sebuah thread atau pada thread yang dibuat mereka sendiri. Apakah mungkin thread itu memang benar atau tidak sehingga kita tahu mana yang boleh di bahas dan mana yang tidak.
Ketiga, kita bisa saling memberi saran terhadap kesalahan orang menyampaikan pendapat mereka tentang HAM.
Keempat, kita bisa mengakrabkan diri dengan banyak orang yang memiliki pendapat yang sama terkait HAM sehingga ada waktunya mereka juga melakukan aktivitas di luar secara langsung untuk membela dan memperjuangkan HAM di lapangan langsung.

Dan keuntungan lainnya tentu saja bisa di dapatkan jika kita sudah berada pada forum yang berisi mengenai perjuangan HAM itu sendiri. Pasti akan banyak aktivis dan pemuda yang ikut di dalamnya karena mereka-mereka ini lah yang justru peduli terhadap keadaan Hak Manusia di negara kita, daripada pemerintah yang sebagian lepas tangan dari kewajiban mereka menjunjung kedudukan HAM di negara kita ini.
Sayangnya, keberadaan forum seperti ini masih jarang di buat dan dipergunakan secara sebaik-baiknya. Walaupun ada , mungkin hanya beberapa bahasan saja mengenai pelanggaran HAM yang paling menonjol. Padahal ada banyak sekali kasus terkait dengan HAM yang perlu diluruskan dan diselesaikan bahkan dibicarakan dan diingatkan.
Diharapkan, akan ada banyak forum-forum yang bersedia menampung aspirasi banyak orang mengenai keberadaan HAM sesungguhnya. Dan diharapkan , semakin kedepan akan semakin banyak generasi yang peduli terhadap keberlangsungan kebebasan Manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

just give me your best comment :)