Rabu, 25 Januari 2012

Hal-hal yang bisa bikin aku Tersinggung

Siapapun tahu, kalo tiap orang punya sisi sensitif yang berbeda-beda. Mereka bisa tersinggung untuk sesuatu yang orang lain anggep nggak perlu buat sakit hati. Yah, aku juga punya sisi itu. Sisi yang berbeda itu aku juga punya...

Nah, sekarang aku mau cerita tentang apa? Sederhana aja sih, cuma tentang sakit hati. Sakit hati karena cinta? bukaan.. bukan itu yang mau aku omongin. Sakit hati yang kumaksud disini adalah dalam kategori "tersinggung". Ada banyak.. banyaaak sekali alasan yang logis untuk seseorang bisa nyinggung perasaanku.. Ketika mereka mengejek, ketika mereka menghina, ketika mereka merendahkan, ketika mereka nakal, bahkan ketika mereka melakukan hal yang SIALAN banget!! Tapi pada kenyataannya, aku bukan tipe orang yang marah untuk hal-hal seperti itu, apalagi hal yang bener bener sepele. Hal-hal yang sepele itu adalah seperti ketika kita punya pendapat yang berbeda dari orang lain. Kita salah paham tanpa mau tau kebenarannya. Ketika disulitkan dalam satu hal yang seharusnya mudah dipecahkan tapi dibuat jadi rumit. Yah, yang semacam itu bukan hal-hal yang bikin aku BENER-BENER marah, walaupun sebel. Tapi aku punya prinsip, yaah atau emang dasar akunya yang kalo marah itu nggak bisa lama-lama. Alasan-alasan itu bukan satu faktor kenapa tiba-tiba aku diam dan marah. Banyak orang berpendapat, aku itu nggak gampang marah. Mereka pikir aku nerima semua ucapan mereka dalam posisi tetap tersenyum. Nggak salah sih, bener kok...

Sampai-sampai, mungkin saking aku "nerimanya" sama perlakuan mereka, aku pikir lama-lama mereka juga mikir aku masih bisa dimainin lebih dan lebih lagi. Dalam arti lebih dan lebih dalam lagi, sampai suatu saat aku sadar, mereka mulai menyinggungku..

Aku nggak pernah marah kalo temen-temen ngatain aku bodoh, pelupa, payah, ceroboh, nyebelin, pemalas, kecil, iri, sirik, sombong, atau apalah itu.. Kenapa? Karena itu kata-kata yang bisa bikin kita ngaca, intropeksi, dan berfikir bahwa masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Walaupun pasti sedih dikatain gitu, tapi beneran! kata-kata itu bener bener bisa bikin kita ngaca. Kata-kata itu mungkin semakin dipanjangkan semakin banyak kata-kata yang keluar. 

Dan dari semua kata yang mungkin diucapkan, ada beberapa kata-kata yang paling kubenci.. Yaitu kata-kata yang selalu ngomongin tentang fisik..

Kenapa aku ngomong aku nggak suka sama orang-orang yang ngatain kita terang-terangan tentang fisik kita? kayak jelek, item, jerawatan, cebol, gendut, dan lain-lain.. Yah sebenernya masih dalam tahap yang bisa kita terima. Dikatain kayak gitu aku juga masih bisa diem, dan walaupun marah aku masih bisa beradaptasi untuk waktu selanjutnya, dalam arti sekilas marah dan tersinggung aja trus habis itu balik lagi ke awal. Aku nggak suka seseorang ngomongin tentang fisik orang lain, karena itu artinya mereka lebih dari orang yang dia katain itu, makannya mereka sendiri nggak bisa ngaca dulu kan? karena mereka lebih. Yah, ngaca juga sih aku suka ngatain kekurangan fisik orang lain, dan saat ini aku sadar, aku salah... Bener juga yaa.. kalo aku nggak suka, kenapa aku suka ngatain orang lain? yah ternyata.. aku juga jahat yaa?? tapi setidaknya aku kan sadaaar...

Kedua, aku paling nggak suka disalahin..
ya ampun aku tuh sadar kalo aku suka salaah .. siapa sih yang suka disalah-salahin? kita pasti berusaha membela diri. Aku yakin nggak cuma aku, yang lain juga pasti nggak suka kan disalah-salahin?? yah, yang ini aku selalu nyoba ngaca. Karena aku nggak suka disalahin, apakah aku harus nyalahin orang lain? Benernya sih nggak tahu, tapi menurutku.. aku justru paling nggak suka nyalahin orang lain untuk sesuatu yang serius, bukan sekedar candaan. Aku selalu berusaha jadi penengah sebelum nyalahin orang lain, didepannya! walaupun harus aku akui, dibelakangnya juga suka nyalahin *ya ampuuun gibah ya?? jahat juga sih*. tapi apasiiih? nyalahin orang lain langsung di depannya tuh nggak enak banget, karena aku sering ngerasain disalahin sama orang-orang  Rasanya langsung di "jleb" aja .. Yah, kecuali sama anggota keluargaku sih.. mungkin saking deketnya jadi berani2 aja suka nyalahin langsung di depan.. hehe *piss* tapi kalo untuk sama-sama teman. aku jarang se frontal itu nyalahin perbuatan mereka, walaupun ada satu-dua sih.. Intinya yang ini aku juga musti ngaca deh...

Ketiga, aku selalu berusaha percaya sama orang.. tapi mereka, sering nggak percaya sama aku ..
kata-kata kayak "masaaak siiiih??", "ahh bohooong","ngaku nggak ngaku nggak??", dan lain-lain
astagaaaa~~ aku itu selalu berusaha sebisa mungkin untuk nggak bohong. Kalo emang masalahnya ada pada ingatanku, plis dong itu emang ulah otakku aja yang nggak beres! Kalo suatu saat aku emang bohong, itu karena aku emang nggak perlu ngasih tau hal yang sebenernya dan ya ampuuun tolong jangan paksa aku kalo aku nggak mau ngomong. Pliiis.. bukannya aku nggak suka dipeduliin, diperhatiin.. tapi aku emang punya masalah sama kepercayaan gara-gara orang itu suka pada ember walaupun janjinya enggak! dan kepercayaan yang sering terabaikan, itu juga salah satu faktornya.
Dan ketika aku udah bilang enggak! aku bilang sampek ngotot aku bilang aku nggak bohong!! sumpah aku bakal sebeeel banget kalo mereka nggak percaya sampe sampe aku harus ngucapin "demi Allah" biar mereka percaya. Like that?? sebegitu kalian nggak percayanya sama aku kah sampe aku kadang-kadang harus bersumpah?? bahkan untuk sesuatu yang sepele sekalipun.. aku bisa tersinggung digituin.

Keempat, aku paling nggak suka dijodoh-jodohin. Tau kan? itu mungkin emang sesuatu yang amat sederhana dan orang-orang pasti beranggapan aku lebay karena nganggep hal ini sebagai sesuatu yang sepele. Kalo aku percaya dirinya tinggi, mungkin aku emang biasa aja. Tapi kalo soal kayak gituan, minderku itu jauuuh lebih tinggi. Kalo mereka berbuat hal-hal semacam itu, aku bakal sebeeel banget, karena apa? karena mereka itu SOK TAU!! mereka nggak percaya kalo aku ngomong enggak!! *padahal aku udah pernah bilang kalo aku nggak suka bohong* dan kalo emang bener pun, untuk apasih diumbar-umbar?? ini kan perasaanku, cukup aku yang tahu dan orang-orang tertentu. Gak perlu SEMUANYA!! itulah kenapa aku selalu ada masalah sama kepercayaan. Aku pikir mereka semua tau kalo aku nggak pingin orang lain tau, tapi buktinya semua orang bisa tau. Atau mereka suka bikin kesimpulan ini itu sendiri, and that is so annoyed! I hate it very very much.. Aku tau, itu cuma bercandaan, aku bener-bener tau. Tapi aku juga nggak tau kenapa aku selalu kesal dan marah kalo digituin. Karena kalo urusannya sama perasaan, siapapun nggak bisa jawab kan? termasuk aku..

Keempat, adalah ketika aku menulis sesuatu tentang perasaanku yang lagi sebel sama seseorang dan mereka tanya ke aku apakah yang sedang kubicarakan adalah mereka atau kalo bukan mereka lalu siapaa? Dan mereka meminta konfirmasi SECARA LANGSUNG!! tau nggak sih kenapa ketika aku nggak suka sama seseorang, aku selalu menuangkan dalam sebuah tulisan dan kata-kata?? itu karena aku nggak mau bikin dia ikutan kelihatan jelek dimata orang lain? padahal, kalo aku nggak suka sama seseorang, aku nggak pernah bener-bener frontal lho! aku nggak pernah nyebut merk ataupun sekedar ciri-ciri, atau bahkan ngelihatin dari sikap. Semuanya aku bikin tersirat , dan orang-orang yang baca cuma berfikir "ini siapa ya? apakah aku?? apakah dia? apakah dia?" hop! disitu doang, trus mereka nggak akan aku kasih penjelasan apa-apa? kenapa aku nggak  bakal ngejelasin? karena aku tahu tulisanku itu secara sengaja tidak sengaja bikin mereka mikir juga kaaan?? tapii mereka nggak bakal bisa nebak aku lagi ngomongin tentang siapa.. Dan ditambah habis nulis itu sikapku bakal kelihatan biasa aja, karena well.. kadang kalo aku sebel atau marah pun nggak semuanya aku lihatin ekspresinya lah walaupun udah sakiiiit banget. Dan sumpah, aku nggak bakal suka kalo mereka nanyain tentang tulisanku itu ke aku.. karena pertama aku nggak bakal jawab, kedua mereka emang nggak perlu tau biar mikir sendiri aja, ketiga karena aku selalu pegang prinsip "JUST READ DON'T COMMENT". yah, kecuali kalo yang lagi aku omongin adalah sesuatu yang baik tentangku atau tentang temenku atau tentang siapapun. Selama itu baik, semua orang boleh tau, karena mengumbar kebaikan itu kan bukan dosa??

segitu aja, makasihh .. lain-lainnya nyusul yaa :D"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

just give me your best comment :)