Jumat, 09 Maret 2012

My Future !

Beberapa minggu, beberapa hari, atau katakanlah baru aja kemaren aku masih begitu amat sangat bingung tentang apa yang mau aku lakukan setelah aku lulus nanti..?
Ada beberapa opsi yang bisa aku lakukan sebagai lulusan SMK setelah lulus, yaitu :
1. KULIAH
2. KERJA
3. KULIAH SAMBIL KERJA..

Gini nih senengnya masuk SMK itu.. bisa kerja setelah lulus.. karena orientasi SMK memang untuk kerja .. *namanya juga sekolah kejuruan*..
Dan masih ada lagi.. kerjaan setelah lulus SMKitu juga ada pilihannya:
1. Wirausaha *apabedanya ma wiraswasta?-_- entah*
2. Jadi karyawan atua kerja di perusahaan..

Haduuuh saking pusing dan saking banyaknya aku mikir tentang planningku setelah lulus.. aku jadi bingung harus mulai ngurutin darimana *itu sebabnya aku nulis di blog, biar runtut* hihi..

Honestly, dari awal aku lulus SMP, aku mulai mikir buat gak main main milih sekolah lagi....
Mungkin kelas satu sampe kelas 2 SMP aku masih sering mikir kalo aku lulus SMP bakal masuk ke SMA! yakin banget gilaaak pingin masuk SMA.. apalagi mikirnya SMA favorit.. Tapi nih yaa.. aku tuh punya penyakit *yang nggak tau beneran penyakit atau bukan*, tapi aku hampir seratus persen yakin kalo aku itu GAK SUKA PELAJARAN, GAK SUKA BELAJAR PELAJARAN YANG GAK AKU SUKA *alias semacam IPA, kimia, fisika, dll*.  Aku bisa bener-bener belajar dan fokus kalo aku suka sama yang aku kerjain. Contoh sederhananya ni yaa..
Dulu aku pingin banget nulis, bikin blog.. aku berani belajar autodidak bikin blog dari awal sampe desain! sendirian .. and I'm so happy...
Atau kalo laptopku rusak, kalo kena virus, pingin tau cara download video, dan lain2.. Aku hampir gak pernah tanya sebelum aku bener-bener bisa..

Dan keuntungan yang aku dapet dari belajar autodidak gitu,, dalam konteks "sesuatu yg bener2 pingin aku kerjakan" adalah ingatan itu permanen dan gak hilang semudah pelajaran2 sekolah yang tiap hari aku lahab..
Kelas 3 SMP, hampir menghadapi ujian dan tetek bengek keribetan sebelum lulus aku jadi mikir "Ya Allaah sampe kapan aku ngerasa kayak gini" atau "Sampe kapan aku harus ngelakuin hal-hal yang nggak aku suka?? capeeek -__-". Tapi nggak mungkin kan kalo aku sekolah cuma sampe SMP sedangkan aku itu masih belum bisa apa2.. nganggur? aah gak mau..:( makannya, kelas 3 SMP aku bener-bener ngerencanain mateng-mateng mau cari sekolah kayak apa??

The answer is: aku mau nyari sekolah yang bisa bikin aku lebih jauh berkembang dan dapet kemampuan tapi bentar aja karena aku udah gak mau lagi ngerasain suasana sekolah alias aku gak mau ketemu pelajaran, gak mau mikir hal2 yang bukan kesukaanku, dan to be exact aku itu emang gak suka sekolah dan gak suka belajar..
Sampai sekarang pun, aku masih bertahan di sekolah itu bukan karena aku suka sama segala macam pelajaran disana, tapi tak lain itu karena aku punya banyak temen, itu aja. Kalo aku gak punya temen mungkin aku bakal keluar dari dulu dulu saking gak sukanya sama sekolah..

Kenapa aku gak pernah punya guru favorit? itu juga karena aku gak pernah menikmati dan mendapat esensi luar biasa dari yang namanya sekolah.You know? dari SD sampe SMP aku gak pernah nemuin apa yang aku suka dari sekolah, kecuali satu.. pelajaran komputer mungkin ya :D

Yap! dari aku SD aku emang udah suka banget sama komputer. Apaaa aja.. Main game, ngetik, atau nulis cerita.. semenjak SMP aku jadi tambah suka sama komputer soalnya aku ketemu yang namanya Internet! yang namanya dunia maya.. dan itu nyenengin banget..

Bagian senengnya?
bagian senengnya ada dimana ketika aku buka internet aku bisa gak kehabisan akal buat berhenti ngenet. Aku bisa punya seribu satu cara buat ngelakuin sesuatu di internet. Apa itu aku juga gak tau, semua terjadi secara alamiah kalo aku udah ngenet gitu aja..

Pendeknya, aku masuk deh ke SMKjurusan MM (Multimedia), yang aku pikir aku bakal ketemu segala macam hal yang berkaitan dengan internet, dan aku emang terarah untuk mencintai web mungkin yaa :D
Dilihat dari kelas satu , aku suka banget kalo ngerjain Excel, suka banget ngerjain Algoritma atau pun Microsoft Access.. dan kelas dua sampe kelas 3 sebenernya aku suka banget sama database dan web.. Oke stop gak usah bahas yang itu..

Yang pasti, tiap orang, siapapun itu pasti punya pemikiran yang berbeda beda dan cita-cita yang berbeda beda iya kan?
Dulu aku pernah pingin banget jadi penyanyi, jadi suster, jadi apa itu yang sering anak anak teriakkan ketika kecil..
"Gapailah cita-cita mu setinggi langit", dan itu bener.. Mungkin selama ini aku selalu kebingungan pingin jadi apa .. lihat banyak banget orang orang yang gemerlapan di dunia mereka bikin aku pingin.. tapi juga bikin aku sebel, karena aku gak bisa suka sama dunia mereka..

Sampai akhirnya, di Multimedia SM3 ini aku baru tau.. kalo aku gak bakal berhenti untuk cinta sama dunia maya, segala macam tentang komputer, dan aku gak bakalan berhenti buat suka sama yang namanya bikin web dan script *yg berawal dari aku suka banget ngurusin script di blogger*.. And I know what I want.. aku pingin jadi web develope.. aku pingin bisa jadi bos, pingin punya pegawai, dan punya usaha.

Entah apakah itu terdengar terlalu sederhana atau terlalu muluk?Kalo di bilang terlalu sederhana, well.. mungkin emang itu yg bisa bikin aku seneng nantinya gak tau kenapa. Kalo terlalu muluk, pikirkan lagi kalo orang itu bebas membuat cita-cita iya kan?

Ada banyak orang yang pingin nerusin sekolah sampai sarjana, dan ada beberapa yang bilang "rugi lho gak nerusin kuliah".Nah! sekarang kita balik lagi deh ke diri kita masing-masing..
Orang-orang yang suka kuliah, itu pastinya karena mereka emang suka sekolah dan pingin nerusin sekolah. Hei, bukannya aku bilang aku gak mau kuliah yaa.. tapi aku emang belum tertarik kuliah..
Selama niat belum ada, gak baik juga kan di jalani? tar malah jadi mubazir. So, aku milih kerja dan mau bikin usaha sendiri karena aku emang dari awal gak suka sama pendidikan.. Kalian boleh sebel sama aku karena ngomong begini, tapi itu jujur dari hati.. Aku emang gak suka mikir, dari dulu.. Aku gak suka mikir kalo aku gak suka, makannya nilai IPA fisika kimia ku jeblok semuanya!

Dari semua pelajaran yang aku suka sampai sekarang itu cuma Bahasa Inggris. Matematika juga kalo kepepet doang sukanya. Kalo agama, mungkin bukan konteks pelajaran sekolah aku malah suka. Dan kalo sejarah, aku juga suka yang bikin aku penasaran aja bukan dalam konteks pelajaran sekolah juga.

Jadi intinya, ini mungkin sama kayak waktu aku milih SMK sedangkan temen2 ku yang lain milih SMA.. Walaupun hampir semua temen-temen SMP ku ngelanjutin di SMA, tp aku tetep kekeh di SMK karena inget tujuan awalku "YANG GAK SUKA SEKOLAH dan PELAJARAN". Nih , buktinya walaupun aku beda sama mereka dalam hal meneruskan sekolah, aku gak nyesel kan masuk SMK? You know why? karena ini tulus dari dasar hatiku dan keinginanku tanpa campur tangan yang lain juga.

Dan di SMK ini juga, aku selalu berusaha bisa ngerjain tugas tugas praktek produktif, karena pelajaran pelajaran produktif itu yang paling kau butuhkan untuk menunjang aku untuk kedepannya setelah lulus. Mikir betapa aku berusaha untuk bisa aja bikin aku mikir kan kalo tujuanku itu emang bukan nerusin sekolah. Mungkin nanti, tapi yang pasti ini prioritasku yang paling tinggi. So, walaupun ini "lagi-lagi" berbeda dari temen-temenku kayak waktu SMP, aku harap ini bukan hal yang bakal aku sesali. Amin Ya Allaaah.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

just give me your best comment :)