Minggu, 29 April 2012

pingin kerja dulu..

Hari ini agak nyebelin banget. Banyak orang-orang yang menentang keinginanku untuk berwirausaha. Kebanyakan dari mereka sih pinginnya aku kuliah. Tapi aku tetep aja nggak mau..''

Kuliah atau kerja?
Itu satu hal yang sudah aku pikirkan sejak lamaa sekali. Sejak lama bahkan sebelum mereka tahu bahwa sebentar lagi aku akan lulus.

Kuliah? Aku tahu kuliah itu baik. Kuliah itu bikin orang kelihatan lebih ;wah'. Kuliah itu bikin orang nggak dipandang sebelah mata. Aku tahu kuliah itu penting, terutama untuk pendidikan..

Well, siapa bilang aku nggak mau kuliah? aku pingin.. pingiiin banget kuliah. Tapi sekarang aku sama sekali tidak bergairah untuk melanjutkan pendidikanku. Aku tahu, kalau aku kerja dulu dan sudah terlena dengan pekerjaanku, aku pasti tidak mau lagi sekolah..Aku tahu, karena aku pernah ngalamin..

Tapi kenapa aku tetep keukeh sama pendirianku utnuk kerja dulu?
Ya.. ada banyak sekali alasanku untuk fokus di usahaku dulu. Tapi panjang banget, dan aku males sharing tentang hal ini ke orang yang nggak akrab sama aku, walaupun dia sodaraku sendiri. Jadi aku jawab seadanya, dan menelan pahit-pahit saran-saran dari mereka. Well, karena aku tahu mereka pasti berfikir mereka lebih berpengalaman dari aku. Dan aku tahu that's real, makannya aku diem aja. Mau menyanggah juga, bakal kelihatan lebih nggak sopan. Tapi aku tetep masih pada pendirianku buat nggak kuliah dulu.
Dan berhari hari aku selalu memikirkan alasannya sampai kepalaku sakit. Aku selalu memikirkan apakah aku akan menyesal dengan pilihanku ini. Berusaha untuk mencari titik dimana aku yakin untuk memilih bekerja atau kuliah.. 

Emang bener, kalo aku kerja sambil kuliah itu bisa. Aku juga sempet kepikiran, kalo kuliah sambil kerja aja bisa kenapa aku masih pingin nunda kuliah? Males.. itukah alasannya? Nggak niat... itu juga?
Kadang sempet berfikir kalo alasanku itu emang bekisar antara males dan belum niat emang random banget. Well, aku tau yang kayak gitu malah nggak bisa jadi alasan.
Tapi yang berikutnya terpikir di kepalaku adalah kenapa aku masuk SMK? Biar punya kemampuan. Kalo udah punya kemampuan mau apa? Mau kerja.. So, dari situ aku udah dapet satu jawaban.. kerja adalah prioritas utamaku. Aku masuk SMK karena memang orientasiku di kerja bukan kuliah, satu.

Kedua, walaupun kerja sambil kuliah itu bisa, tapi selama aku sekolah di SMK entah kenapa aku nggak nemuin waktu dimana aku bisa sekolah sambil kerja. Fine, kuliah dan SMK itu beda. Tapi justru karena SMK inilah yang menurutku nggak terlalu beda sama kuliah. Dari jurusannya, pelajaran, dan tugas-tugasnya. Walaupun nggak sama, tapi kan setidaknya serupa. Karena basic-ku itu emang sulit manage waktu, jadi gini..aku nggak mungkin bisa mencampur adukkan antara bisnis dan sekolah kalo nggak mau ada yang keteteran. Aku pingin nyoba fokus di usahaku dulu karena banyak sekali yang ingin ku kembangkan terutama hobi-hobiku yang dulu nggak sempet kulakukan dengan baik. Itu alasanku nunda kuliah, karena aku butuh lebih banyak waktu untuk sendiri dan melakukan banyak hal yang berakar dari hobiku. Macam-macamnya? Banyak.. tar deh kapan-kapan aku jabarin.. Lagipula yang aku omongin disini adalah IT. Aku mau nunda kuliah, karena kuliah bisa di tunda. Nggak kayak SMP ke SMA yang kalo di tunda, pertanyaan yang muncul adalah mau ngapain?

Pernah terpikir di benakku dulu, kalo SMA nggak akan lebih sulit dari SMP. Tapi nyatanya, SMK itu lebih stress dari SMP. Walaupun belum pernah nyoba, tapi ada kemungkinan aku bakal lebih stress lagi waktu masuk kuliah karena aku tetep masih bertahan di IT yang orang bilang IT itu beda dari jurusan lain. Aku udah lama sadar kalo aku masih belum bisa apa-apa sampe sekarang. Aku udah lama sadar, kalau dunia itu luas dan aku hanya ada seujung jari di bandingkan orang-orang di dunia. Aku sadar, aku nggak boleh ngerasa lebih hebat karena ada lebih banyak orang hebat di sekitarku. Dan cita-citaku adalah, menjadi salah satu dari orang-orang hebat itu. Selain mau berusaha, jelas aku juga mau ngembangin kemampuanku di bidang IT terlebih untuk bisa lebih fokus di salah satunya. Setelah aku tahu dimana jalanku, baru aku akan memutuskan untuk kuliah.

Dan aku emang belum niat mau ngelanjutin. Mau gimanapun juga kalo dipaksa aku sama sekali belum mau. Aku pingin menjajal dulu rasanya menghasilkan uang dari usahaku, baru setelah itu aku bakal nerusin pendidikan. Aku pingin kuliah itu nggak bohong, karena aku juga pingin kelihatan 'wah' seperti kebanyakan mahasiswa pada umumnya. Aku juga pingin grade ku jadi lebih tinggi. Dan setiap lihat brosur aku juga pingin kuliah, tapi nggak sekarang. Alasanku cuma untuk menunda, karena aku butuh waktu untuk sendiri dan mengembangkan banyak hal. Juga melakukan hal yang baik untuk diriku sendiri. Aku nunda setahun untuk mempersiapkan diriku menghadapi dunia dengan lebih dewasa. That's all.. aku berharap semua rencanaku nggak jadi sia-sia setahun ini. Amin...

Intinya, untuk bahasanku kali ini adalah, aku ngerasa tertekan dengan kehadiran orang-orang yang nggak mau mengerti dengan kondisiku. Aku pikir, nggak semua orang harus kuliah kan? Mereka pikir pilihanku ini nyeleneh atau berbeda, tapi halooo~~ aku masuk SMK aja pilihanku beda sama sodara-sodaraku yang masuk SMA. Aku malah nggak yakin sodaraku ada yang masuk SMK. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang elit yang rasa-rasanya nggak bisa dan nggak boleh kalo masuk SMA. Nggak bisa dan nggak boleh kalo nggak kuliah. Mungkin hanya aku yang berbeda, tapi kupikir ini adalah hidupku. Yang kubutuhkan adalah orang-orang yang mendukungku, bukan orang-orang yang menentangku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

just give me your best comment :)