Selasa, 13 Mei 2014

Semenjak di Sewon (masa yang kurindukan)



semenjak di sewon, saya seperti kembali ke masa sekolah dasar. 

Dulu waktu kecil, saya sering main ke rumah teman hingga malam..
yaah, sekarang sih walaupun kesana kemari harus naik motor, tapi tetap saja ke rumah teman, dan masih.. sampai malam..
Lagipula, sebenarnya apa bedanya? Dulu saya bermain ke rumah teman juga perjalanan 5 menit (jalan), eh, sekarang juga 5 menit ya (naik motor). Intinya sih saya tetap berada di satu komplek yang sama, hanya lingkupnya lebih besar. Dulu perumahan, sekarang desa.

Dulu mungkin mainnya lompat tali, main barbie, petak umpet, pasaran, dll.
Sekarang... mm... saya pikir saya memang tidak mungkin melakukan permainan itu. Tapi bagi saya, ngobrol panjang lebar mengenai banyak hal, nonton drama, sekadar tiduran sambil baca novel di tempat teman, itulah esensi 'bermain' bagi saya saat ini.


Lalu....
Ah, tugas!
Awalnya saya pikir, ketika saya bermain ke rumah teman saya (saat ini), itu semata-mata karena saya mengerjakan tugas. Saya pikir ini sama seperti yang saya lakukan ketika di SMK, rutinitas ke rumah teman atau tidur di lab (bersama teman- intinya sih bareng temen), itu karena tugas. Tapi saya melupakan sesuatu, setelah saya ingat-ingat, apakah ketika saya singgah ke rumah teman saya (saat ini), apakah saya mengerjakan tugas? Aaaah... ternyata tidak. Justru yang saya lakukan hanyalah berdiskusi tentang korea (drama, musik), tentang novel, tentang keseharian, tentang hobi, hidup, hmmm... tentang banyak hal. Tempat tinggal kami tidak bisa dibilang jauh- tidak seperti ketika di SMK. Tempat tinggal kami hanya terpisah paling tidak 5 menit, dan somehow, saya merasa saya sedang mengetuk rumah tetangga sebelah ketika saya bermain ke tempat tinggal mereka saat ini, padahal jaraknya 1-2 km. Tapi tetap saja, kebetulan, pertemuan yang sering sekali terjadi ketika saya datang ke tempat-tempat seperti rumah makan, warung, hal-hal kecil itu semakin meyakinkan saya bahwa mereka itu berada sangat dekat dengan saya.

Yah, seolah dulu ketika SD tidak ada tugas saja. Saya ingat kok saya bersepeda jauh untuk mengerjakan tugas bersama teman-teman. Hanya berbeda jarak usia, tapi esensinya sama. Sekarang saya juga mengerjakan tugas ketika memang harus di kerjakan, tapi ketika di luar tugas, di waktu-waktu lain, bersama teman dekat dan melakukan hal-hal remeh temeh dengan title 'main', itulah yang membuatnya mirip. Saya merasa seperti kembali ke masa kecil.

Ketika memikirkan betapa miripnya situasi saya saat ini dengan masa yang paling saya rindukan (masa kecil), saya menyadari sesuatu, bahwa di titik inilah seharusnya saya belajar bersyukur. Bersyukur memiliki teman-teman yang bersedia menjadi tempat singgah di kala saya merasa bosan dengan banyak hal. Bersyukur memiliki hiburan disaat saya merasa terlalu cepat pulang ke rumah. Bersyukur karena tanpa saya sadari (dan hal seperti ini memang biasanya tidak disadari), masa-masa yang saya rindukan itu telah kembali, masa-masa menyebalkan (pulang sekolah-langsung pulang ke rumah tanpa bermain) perlahan-lahan lenyap. Saya harus menuliskan ini, agar saya ingat betapa dulu saya sangat menyesal ketika masa kecil saya ternyata hanya tertulis kata-kata sedih di buku diary saya, padahal masa itu jauh, jauh, jauh lebih baik dari masa yang telah saya lewatkan setelahnya. Betapa saya sejak kecil sering sekali mengeluh tentang keadaan yang seharusnya tidak saya keluhkan karena kemudian ternyata saya menemukan situasi yang jauh lebih sulit.

Dan saya menyadari, bahwa roda kehidupan itu memanglah berputar. Haruslah saya merasakannya berputar baru saya bisa belajar ketika saya kembali ke titik yang sama. Situasinya berbeda, tentu, karena memang banyak sekali yang berubah dan itu tidak perlulah disebutkan. Tapi rasa yang terasa sama ini, saya hanya ingin menjaganya, agar saya tidak menyesalinya suatu saat lagi. Semoga, semoga saya bisa menikmati setiap langkah yang saya ambil dan belajar untuk lebih menghargai waktu yang saya miliki, sekaligus teman yang saya miliki. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

just give me your best comment :)