Sabtu, 23 Juli 2016

Hobi atau Karir (bisakah disatukan saja?)


Apple CEO, Steve Jobs: “Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do.”

Malam ini ngalay dulu ya...

Jadi aku tuh kan punya hobi ya, hobiku itu baca novel, nonton film, nonton drama, baca komik... yah begitulah. Kebanyakan sih baca novel. So, aku juga sebenernya suka nulis novel (dan saat ini lagi nulis novel). Maksudnya, that's what I like to do gitu lho. What's the problem?


Yah, bapak saya yang seringnya ngomong itu bilang kalo itu adalah masalah, ketika aku bilang kalo aku pingin kerja dengan menekuni hal-hal tersebut. 

Ini sudah jadi perdebatan sejak lama, dan sampai sekarang nggak berhenti. Kalau hal-hal yang kusukai itu bukal hal yang disukai ayahku, karena nggak berguna, dan nggak dibutuhin orang. Sedangkan di dunia online itu, orang lebih memperhatikan apa yang mereka butuhkan.

Jadi aku jawab.
Kalo aku mau nonton film, kalo aku mau baca buku, aku sering nyari reviewnya : so that's what people needs. So that is the 'needs'

Dan itu masih disanggah dong. Jadi males banget kalo udah debatnya ke arah itu.

Trus aku juga bilang, kalo aku pingin menghasilkan uang dari hal-hal yang kusukai.
So, man. Banyak orang yang bisa menghasilkan uang dari hobi mereka, tapi kenapa hobiku nggak bermanfaat? 

Kata ayahku aku harus keluar dari Zona Nyaman. So, kenapa aku nggak bisa tetap di zona nyaman ketika orang lain bisa? Kenapa aku nggak bisa hidup dari hobiku sedangkan orang lain bisa?

Dan itu adalah hal yang masih kupikirkan sampai sekarang. Nggak tau deh. Aku mau coba nulis hal-hal yang nggak terkait dengan hiburan, setidaknya disitu aku masih 'nulis'. But you know, sometimes when I shared my thought about something I like so much, and people like it too, it's make me satisfied. 

Jadi pertanyaannya, apakah aku harus mulai memisahkan antara hobi dan pekerjaan? Cuma karena nggak bisa disatukan?

Well, looks later.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

just give me your best comment :)